dedicated to support breastfeeding - asiforbaby@yahoogroups.com blog ini bukan merupakan blog resmi milist asiforbaby, blog ini disusun dan diupdate oleh salah satu moderator asiforbaby

The Logo
    Photobucket - Video and Image Hosting
Previous Posts Daily Reads Short Messages
    Name :
    Web URL :
    Message :
    :) :( :D :p :(( :)) :x

Wednesday, September 06, 2006

asi di kulkas

Pertanyaan dari Mbak Putu Prapti Utami:
Mbak,Aku tanya dong, aku sedang nyetok ASI di freezer, sekarang masih cuti dan bulan depan tgl 18 Okt masuk kantor, btw ASI di freezer itu tahan brp lama yah persisnya, dan bgm cara penggunaannya, krn aku pernah nyoba menghangatkan botol terlalu lama cair dan hangatnya keburu bayi nangis kehausan sehingga jadi panik...sementara kita ndak tau persis jam brp si baby haus, brp lama awet dan masih bisa diminumkan ke bayi setelah dihangatkan?, aku sudah beli bbrp botol ukuran 60 ml, krn selama ini si bayi biasanya minum bertahap tidak langsung sekaligus habis 120 ml, jd supaya tidak terbuang2 rencananya aku simpan di botol2 kecil ukuran 60 ml, apakah benar cara tsb?

Jawaban :
Asi di freezer dalam keadaan beku dan diletakkan di bagian dalam bukan di pintunya bisa tahan antara 3-6 bulan. Saya juga nyetok asi. Dari mulai masih cuti melahirkan saya sudah mulai meras asi, alhamdulillah cukup banyak, jadi saya tidak terlalu khawatir anak saya akan kekurangan stok asi saat saya bekerja.

Penyimpanan di botol 60cc benar sekali mbak, karena mengurangi asi yang terbuang apalagi kalau anaknya mbak memang minumnya secara bertahap dan tidak langsung banyak.
Memang benar kita gak tau kapan bayi akan minum atau hausnya. Tapi sebenernya bisa diprediksi mbak. Kalau bayi yang minum asi saja biasanya 2-3 jam setelah pertama kali minum sudah haus lagi karena asi mudah sekali dicerna. Hitung waktunya dari mulai pertama minum, bukan pada saat selesai. Tapi ini tidak kaku, bisa dilihat dari keadaan bayi, coba aja diliat polanya mbak, biasanya bayi makan, pup dan tidurnya kalau sudah di atas 1 bulan mulai ada polanya.

Sekarang pakai dot apa mbak? Pengalaman anak saya pakai dot2 silikon minumnya sedikit sekali dan lama, begitu ganti baby huki yang rubber minumnya langsung banyak karena kenyalnya disukai bayi.

Oh ya sharing pengalaman ya soal menghangatkan asi selama saya kerja, stepnya begini.
1. sepulang kerja (kurang lebih jam 5 sore) asi dari freezer saya turunkan ke kulkas bawah agar pagi sudah agak cair.
2. karena asi saya simpan di plastik, jadi pagi2 saat asi sudah cair, asi dipindahkan dulu ke botol dalam keadaan kadang2 masih sedikit berbentuk es. Didiamkan saja di kulkas bawah.
3. pada saat akan diminumkan asi sudah cair, Cuma perlu waktu sedikit untuk menghangatkannya.
4. kalau asi sangat beku, jangan langsung dikasih air panas. Harus bertahap mbak, mulai dari air keran, baru air hangat.
5. asi dari beku ditaro di kulkas bawah bisa tahan 2 hari.
6. mengenai asi yang sudah dihangatkan ada beda2 pendapat. Ada yang bilang setelah dihangatkan bisa dimasukin kulkas lagi, ada yang bilang gak bisa. Untuk cari amannya, asi yang sudah dihangatkan pakai air hangat tidak pernah saya masukkan kulkas lagi. Jadi biar saja asi mencair di kulkas bawah, tinggal diambil dan dihangatkan jika ingin dipakai.

ada yang mau nambahin jawabannya? atau mau komentar?


link | posted by Nina at 11:59 PM |


0 Comments:

Want to Post a Comment?

powered by Blogger | designed by mela