dedicated to support breastfeeding - asiforbaby@yahoogroups.com blog ini bukan merupakan blog resmi milist asiforbaby, blog ini disusun dan diupdate oleh salah satu moderator asiforbaby

The Logo
    Photobucket - Video and Image Hosting
Previous Posts Daily Reads Short Messages
    Name :
    Web URL :
    Message :
    :) :( :D :p :(( :)) :x

Sunday, September 10, 2006

penyimpanan asi

ASI perah adalah ASI yang diambil dengan cara diperah dari payudara untuk kemudian disimpan dan nantinya diberikan pada bayi. Apa tidak basi? Sampai waktu tertentu dan dengan penyimpanan yang benar, ASI tidak akan basi[1].
Misalnya, ASI tahan disimpan di dalam suhu ruangan sampai 6 jam. Jika disimpan di thermos yang diberi es batu, bisa tahan hingga 24 jam. Bahkan, kalau disimpan di kulkas ketahanannya meningkat hingga 2 minggu dengan suhu kulkas yang bervariasi. Jika disimpan di frezeer yang tidak terpisah dari kulkas, dan sering dibuka, ASI tahan 3-4 bulan. Sedangkan pada freezer dengan pintu terpisah dari kulkas dan suhu bisa dijaga dengan konstan, maka ketahanan ASI mencapai 6 bulan.
Taruh ASI dalam kantung plastik polietilen (misl plastik gula); atau wadah plastik untuk makanan atau yang bisa dimasukkan dalam microwave, wadah melamin, gelas, cangkir keramik. Jangan masukkan dalam gelas plastik minuman kemasan maupun plastik styrofoam.
Beri tanggal dan jam pada masing-masing wadah.
Dinginkan dalam refrigerator (kulkas). Simpan sampai batas waktu yang diijinkan (+ 2 minggu).
Jika hendak dibekukan, masukkan dulu dalam refrigerator selama semalam, baru masukkan ke freezer (bagian kulkas untuk membekukan makanan), gunakan sebelum batas maksimal yang diijinkan. (+3-6 bulan)
Jika ASI beku akan dicairkan, pindahkan ASI ke refrigerator semalam sebelumnya, esoknya baru cairkan dan hangatkan. Jangan membekukan kembali ASI yang sudah dipindah ke refrigerator.
[sunting]
Referensi
Yamina, Dewi. Tabloid Ibu & Anak. In: Blog ASI. Kiat Memberi ASI Eksklusif Pasca Cuti. 2005
Diperoleh dari "http://asuh.wikia.com/wiki/Penyimpanan_ASI"


link | posted by Nina at 10:47 PM |


2 Comments:

Blogger linadrew commented at 2:51 AM~  

hi...

b'tanya dong... kalo saya memeras susu beberpa kali dlm 1 hr, apakah hrs disimpan dlm wadah yg berbeda2 juga? Bisakah dijadikan 1 wadah sj dlm 1 hr yg sm? krn hsl yg diperas kadang banyak kadang sedikit.
please adv yah....


tengkyu

Blogger yethie bessie commented at 7:16 PM~  

hi... boleh nanya...? kalo asi sudah disimpan di dalam kulkas, waktu akan memberikan kepada bayi apakah harus dihangatkan dulu atau bagaimana...? thanks ya...

Want to Post a Comment?

powered by Blogger | designed by mela