dedicated to support breastfeeding - asiforbaby@yahoogroups.com blog ini bukan merupakan blog resmi milist asiforbaby, blog ini disusun dan diupdate oleh salah satu moderator asiforbaby

The Logo
    Photobucket - Video and Image Hosting
Previous Posts Daily Reads Short Messages
    Name :
    Web URL :
    Message :
    :) :( :D :p :(( :)) :x

Sunday, September 10, 2006

mati lampu, asi di kulkas gimana?

soal padam listrik, aku sempet juga mengalami itu. tapi kan kulkas itu kadang masih dingin ya selama padam listrik dan asi-nya masih beku. selama blum cair, aku sih masih simpen terus si freezer. tapi aku kurang paham penjelasan ilmiahnya dalam kasus ini... mungkin kalo takut asi-nya basi, langsung diminumin aja ke bayi atau dibuat campuran masakan anak. ada kan beberapa resep masakan yang menggunakan asi (kalo bayi-nya udah 6 bln ke atas ya... :D). atau mau didonasikan ke rs (katanya ada beberapa rs yang menerima donasi asi).

-sharing dari nia-


Saya juga sudah mengalami mati lampu saat asi di freezer, panik banget, tapi berikut cara2 yang saya pake:
bikin es dari air biasa, letakkan di sekeliling asi di freezer. Jangan nunggu mati lampu, taro aja dari sekarang, jadi kalau sewaktu2 mati lampu, es-es tersebut bisa membantu mempertahankan suhu di freezer.
saat mati lampu dan pada saat lampu baru kembali menyala, usahakan untuk tidak membuka pintu freezer. Karena kalau dibuka nanti suhu dingin di freezer akan keluar dan suhu panas di luar akan masuk
waktu mau dikasih ke bayi dicoba aja dulu..

-sharing syifa's mommy-

Pengalamanku adalah kalau mati lampu cuma sebentar (mis 1-2 jam) dan ASI sudah beku, aman. Asal freezer jangan sering buka tutup, ASI gak akan mencair. Tapi kalau ASI belum lama diperah, sebaiknya ASI tersebut duluan yang diberikan pada bayi, supaya ASI tersebut tidak rusak.
Pernah suatu ketika rumahku kena pemadaman listrik bergilir, nah itu kan cukup lama, aku boyongan ke rumah mertua bawa semua stok dengan cool storage, dan ember yang dah dikasih es batu. Sampe rumah mertua langsung masuk freezer lagi. Eh gak taunya cuma padam 4 jam. Tau begitu mending tetap di rumah aja, dan ditimbunin es batu. He... he... he.... Yah gak apa-apa, pengalaman aja.

-sharing dari mommynya louisa dan lewis-

Berdasarkan pengalamanku, kalo cuma 1 jam dan pintu kulkas tidak dibuka, ASInya belum cair. Jadi masih layak minum. Soalnya aku suka bawa ASI beku dalam coolbox untuk keponakanku, perjalanan + 1 jam, sampe disana ASInya belum cair loh, masih beku.
-sharing dari Lina-

Untuk antisipasi listrik mati dirumah aku buat es batu di kantong2 plastik dengan jumlah 8-10 kantong, jadi kalau mati listrik freezernya masih tetap dingin, dan terbukti waktu dirumah listrik mati sampa 3 jam, ASInya tetap beku.
Dan untuk ASI yang aku simpan di lemari es bagian bawah selama mati lampu tsb aku pindah ke bagian freezer, jadinya tetap dalam keadaan dingin.

-sharing dari angela-


link | posted by Nina at 11:01 PM |


1 Comments:

Blogger Toko Fiara commented at 11:29 PM~  

test komen

Want to Post a Comment?

powered by Blogger | designed by mela