dedicated to support breastfeeding - asiforbaby@yahoogroups.com blog ini bukan merupakan blog resmi milist asiforbaby, blog ini disusun dan diupdate oleh salah satu moderator asiforbaby

The Logo
    Photobucket - Video and Image Hosting
Previous Posts Daily Reads Short Messages
    Name :
    Web URL :
    Message :
    :) :( :D :p :(( :)) :x

Wednesday, September 27, 2006

makanan pertama bayi 6 bulan

dari beberapa buku yang saya baca dan saran dari kakak ipar saya, makanan pertama yang diberikan kepada bayi yang telah berusia 6 bulan adalah makanan yang tidak manis. Pemberian makanan yang manis bisa memberikan pengalaman yang kurang baik bagi si anak, karena dia akan lebih memilih rasa makanan yang manis daripada yang lain. Penggunaan garam juga tidak dianjurkan bagi bayi dan anak-anak. Pengenalan awal makanan pada anak merupakan investasi bagi pola makan anak anda nantinya. satu hal yang perlu diingat; bayi tidak mempunyai selera makan seperti kita. mereka tidak tahu apa itu manis atau asin. jadi jangan sekali-kali menambahkan gula atau garam pada makanan bayi. karena saat ini mereka belum membutuhkan itu.

banyak para dokter yang menganjurkan memberikan buah untuk bayi usia 6 bulan ke atas. Namun, ada juga beberapa dokter yang menyarankan memberikan makanan yang tidak terlalu memiliki rasa manis atau asin yang dominan namun mengandung gizi yang baik, misalkan beras merah, oat, atau sereal khusus bayi yang tidak mengandung gula.

salah satu resep yang saya dapatkan dari kakak ipar saya dan sudah saya sebarkan beberapa teman saya adalah BERAS MERAH GILING. beras merah ini bisa dimasak dan dicampur dengan berbagai sayur, daging, tempe, dll. tapi untuk makanan pertama bayi, sebaiknya beras merah ini diberikan plain dicampur sedikit asi. ini cara membuatnya:

1 kg beras merah (organik lebih baik) cuci bersih dan rendam semalam dengan air bersih. pagi hari, keringkan dan jemur di tempat yang bersih. setelah beras merah kering, blender (pakai blender kecil yang bentuknya seperti mangkuk dibalik) sampai halus atau jika ingin lebih efisien, bawa ke tukang giling di pasar, dan titip giling di sana. lalu beras merah yang sudah diblender atau digiling disangrai di wajan (tanpa minyak) sekitar 5 menit. lalu dinginkan beras merah yang telah disangrai, simpan dalam toples kedap udara. beras merah ini bisa dipakai sampai 1 bulan.

untuk makanan pertama bayi usia 6 bulan (makanan perkenalan):
untuk memasaknya; ambil satu sendok makan munjung beras merah giling, masak dengan air bersi di api kecil, kira-kira 100 cc. aduk terus sampai mengental. lalu dinginkan, setelah agak dingin, encerkan dengan asi.

seiring dengan bertambah usia bayi, campurkan sayur atau daging atau ikan atau ayam atau tempe ke dalam beras merah giling tersebut, lalu blender.

untuk sereal atau oat; pengalaman saya, beberapa merk sereal buatan dalam negeri hampir semuanya mengandung gula atau garam. jadi saya terpaksa membeli sereal keluaran gerber yang harganya lebih mahal, namun tidak mengandung tambahan gula atau garam (plain).

untuk buah; saya mulai memberikan buah kepada anak saya setelah dia mulai familiar dengan beras merah giling. ada beberapa referensi yang menyarankan agar bayi tidak diberikan kelompok buah citrus (jeruk), bahkan jeruk bayi sampai dia berusia 1 tahun, karena ditakutkan lambung bayi masih terlalu peka. saya memberikan pepaya, pisang dan apel yang diblender atau dihancurkan.

ohya, jangan sekali-kali memberikan madu pada bayi. madu mengandung spora yang bisa mengurangi nafsu makan bayi. selain itu rasa manis madu juga tidak baik utk pengalaman rasa pada awal2 pertumbuhannya.

semoga bermanfaat,
nia


link | posted by Nina at 11:00 PM |


5 Comments:

Blogger doku-doku commented at 1:07 AM~  

mau tanya nih..untuk memberi makanan pertama untuk bayi apa harus menunggu sampai anak betul - betul berumur 6 bulan yah...kalo seandainya kurang apa pengaruhnya bagi pencernaannya...thx...

Blogger Hangga commented at 11:17 PM~  

percayalah pd dokter anak anda, jgn cuma nurutin apa kata orang tua jaman dulu yg bilang bayi umur dibawah 6 bulan sudah bisa diberi macem2 contohnya pisang kerok. menurut sy itu pikiran kuno yg sudah harus dihapuskan. Dokter telah belajar dan mengamati apa yg seharusnya dilakukan, jd knp tidak ikutin saja saran dokter yg menyarankan bayi kita baru bs diberi MPasi pada usia 6 bulan keatas.

Blogger uwie commented at 7:33 PM~  

makasih ya info nya... sangat2 bermanfaat :)

Blogger bachtiar tejo commented at 12:13 AM~  

terima kasih atas postingan yang sungguh bermanfaat

http://www.jualberasorganik.net

Blogger Sekedar Aja commented at 4:04 PM~  

Saya sih pengennya ngasih milna bubur bayi organik mpasi terbaik untuk si kecil, tapi pengen coba beberapa variasi makanan pendamping asi yang dibuat sendiri

Want to Post a Comment?

powered by Blogger | designed by mela