dedicated to support breastfeeding - asiforbaby@yahoogroups.com blog ini bukan merupakan blog resmi milist asiforbaby, blog ini disusun dan diupdate oleh salah satu moderator asiforbaby

The Logo
    Photobucket - Video and Image Hosting
Previous Posts Daily Reads Short Messages
    Name :
    Web URL :
    Message :
    :) :( :D :p :(( :)) :x

Friday, December 15, 2006

Fakta-fakta seputar menyusui batita

Ditulis bebas & dirangkum dari berbagai sumber oleh Luluk Lely Soraya I

Hingga saat ini banyak sekali anggapan miring ttg ibu yang menyusui anaknya > 1th. Sering kita dengar kalimat "Kalo anak > 1 th kan dah jelek ASInya". Atau tak jarang juga terdengar kalimat "Kalau disusui terus anak jadi manja dan gak mandiri". Nah benarkah hal ini ? Artikel berikut dirangkum dari beberapa artikel dari La Leche League dan WHO tentang fakta-fakta seputar menyusui anak batita ( hingga umur 3 th). Ternyata anggapan2 bahwa ASI gak bagus, nyusui anak besar bisa membuat jadi manja dan gak mandiri tsb TIDAK BENAR.Menyusui batita memiliki manfaat bukan hanya bagi anak, tetapi juga bagi ibu. Bahwa ternyata kandungan ASI > 1 th memiliki kandungan yang luar biasa bermanfaat utk anak. Yg jelas, ASI tetap memiliki zat imun yang melindungi bayi dari berbagai penyakit.
Bahkan satu penelitian menunjukkan bahwa beberapa zat imun meningkat jumlahnya dalam ASI di th keduam sehingga memberikan perlindungan yg lebih besar bagi anak. Belum lagi kandungan gizinya. Pada tahun kedua (12-23 bulan), setiap 448 ml ASI memenuhi kebutuhan anak :o 29% dari kebutuhan energi-nya o 43% dari kebutuhan protein-nyao 36% dari kebutuhan kalsium-nyao 75% dari kebutuhan vitamin A o 76% dari kebutuhan folat-nyao 94% dari kebutuhan vitamin B12 o 60% dari kebutuhan vitamin CNah manfaat buat ibu gimana ? Banyak para ahli medis menbuktikan bahwa menyusui dapat memberikan ibu proteksi dari berbagai penyakit. Makin lama ibu menyusui, makin besar proteksi yg diberikan. Ibu dapat terminimalisasi dari resiko terkena kanker payudara, kanker ovarium (indung telur), kanker uterine (rahim), osteroposis, dsbnya.

Benarkah jika anak disusui terus menerus akan membuat ia jadi manja dan gak mandiri ?Ini juga sama sekali TIDAK BENAR. Justru anak-anak yg disusui hingga ia berhenti sendiri (menyapih dirinya sendiri) lebih mandiri.Kenapa ? karena ia menemukan sendiri kemandiriannya. Ia merasa lebih nyaman dalam menemukan fase tsb. Ingat loh fase psikologis usia batita itu buat anak2 terkadang "mengerikan". Ia harus belajar utk menerima kondisi di sektiarnya. Dengan menyusui, akan memudahkan anak menghadapi fase tsb dg lebih mudah.Terkadang juga kita memaksakan anak utk mandiri lebih cepat dari biasanya. Padahal di usia ini justru ia butuh ibunya dan ayahnya utk membantunya menemukan rasa percaya dirinya dsbnya.

Jadi menyusui di usia ini justru memenuhi kebutuhan psikologisnya.American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan : "Susuilah anak di tahun pertamanya dan susuilah terus selama ibu dan anak saling menginginkan.Makin lama ibu menyusui anaknya, makin memberikan keuntungan bagi ibu dan anak dari segi kesehatannya dan perkembangannya..Tidak ada batasan pasti kapan anak harus berhenti menyusu dari ibunya. Dan TIDAK ADA BUKTI bahwa menyusui anak-anak > 3 th akan membuatnya terganggu secara psikologis ataupun." (AAP 2005)

Nah kapan anak sebaiknya disapih ? Lagi-lagi ini pilihan yg sangat subyektif. Semua bergantung kepada 3 pihak : ibu-anak-ayah. Selama semua pihak saling menginginkan maka menyusui dapat terus dilakukan. Jika memutuskan utk menyapih, maka lakukanlah dg perlahan dan baik. Hindari penyapihan yg dapat menyakiti hati anak. Ingat selama masa menyusui, terjalin ikatan batin yg kuat antara ibu-anak. Jangan sampai hal ini "rusak" karena proses penyapihan ini.

Referensi :
a. Breastfeed a Toddler-Why on Earth? Handout #21. Toddler nursing. January 2003 by Jack Newman, MD, FRCPC(http://www.kellymom.com/newman/bf_toddler_01-03.html)a.. La Leche League International, What are the benefits of breastfeeding my toddler? (http://www.lalecheleague.org/FAQ/advantagetoddler.html)
b. Extended Breastfeeding Fact Sheet by Kelly Bonyata, BS, IBCLC (http://www.kellymom.com/bf/bfextended/ebf-benefits.html)a.. Nursing Past Infancy and Into Toddlerhood (http://www.breastfeed-essentials.com/nursetoddler.html)


link | posted by Nina at 12:12 AM |


3 Comments:

Blogger maya commented at 10:53 PM~  

Keren banget, artikel ini bikin saya makin pede. terakhir saya menyusui sampai anak pertama berumur 23 bulan, bersama dengan 3 bulan kehamilan anak ke-2. saat itu kehamilan saya mengalami pendarahan, namun saya dan S.POG yakin bahwa ini bukan disebabkan dari menyusui anak pertama (sebelum memutuskan Tandem Breastfeeding, saya melakukan konsultasi pada konsultan laktasi.

Akhirnya saya dirawat 1 hari di RS, dan meninggalkan putra pertama. Dan dengan pengertian yang baik, akhirnya putra saya mau disapih. Proses penyapihan yang tanpa pembohongan, namun dengan pengertian dan pemahaman akan sayangnya pada adik di perut ibunya...

Blogger It's_my_A_B_C commented at 7:35 AM~  

Maaf, sebenarnya saya mau tanya sekalian. 1.Kalau saya menyusui dengan metode asi perah, apakah perlu disapih atau tidak ya? 2. Apakah kl asi diperah, komposisinya bisa menyesuaikan kebutuhan anak? Thx ya mbak

Blogger Anthony Frost commented at 11:10 AM~  

Thank you for sharing this

Cerebral palsy

Want to Post a Comment?

powered by Blogger | designed by mela