dedicated to support breastfeeding - asiforbaby@yahoogroups.com blog ini bukan merupakan blog resmi milist asiforbaby, blog ini disusun dan diupdate oleh salah satu moderator asiforbaby

The Logo
    Photobucket - Video and Image Hosting
Previous Posts Daily Reads Short Messages
    Name :
    Web URL :
    Message :
    :) :( :D :p :(( :)) :x

Sunday, December 17, 2006

Jangan Keburu Memberi (juga Membeli!) Susu Formula

Setelah bayi lahir, apalagi kalau anak pertama, kepanikan selanjutnya yang menyerang para ibu adalah belum keluarnya ASI dengan lancar. Tak urung kepanikan ini yang membuat ibu mengambil keputusan yang sangat mengerikan, yaitu memberi susu formula ke bayinya dengan alasan takut bayi kelaparan dan tidak tega mendengar tangisan bayi yang kurang minum

Di sinilah peran para dokter, suster dan bidan untuk meyakinkan ibu yang baru melahirkan bahwa bayi bahkan tahan hingga 2x24 jam dari lahir, bila ASI belum keluar. Jadi jangan keburu memberi (juga membeli) susu formula. Lakukan tindakan ini untuk ”menjauhkan” bayi Anda dari susu formula :
1. Sesaat setelah bayi lahir, minta dokter/bidan untuk melakukan early latch on yaitu bayi diserahkan langsung kepada ibunya untuk disusui. Selain mengetes refleks menghisap bayi, tindakan ini juga untuk merangsang payudara segera memproduksi ASI pertama (kolustrum) yang sangat diperlukan untuk antibodi bayi.

2. Minta tolong kepada suster untuk menuliskan ASI EKSKLUSIF pada baby crib, jadi bayi Anda tidak akan diberikan susu formula dan akan diantar ke ibu-nya bila bayi menangis karena haus. Lebih baik Anda memilih rumah sakit yang memiliki kepedulian pada ASI eksklusif dan tidak bekerja sama (sponsor) dengan perusahaan susu formula.

3. Bila ASI belum keluar, minta tolong suster untuk melakukan massage pada payudara atau mengompres dengan air hangat sambil terus mencoba menyusui langsung pada bayi. Biasanya ASI baru lancar pada hari ketiga setelah melahirkan. Selama ASI belum lancar, terus coba menyusui bayi.

4. Abaikan jika ada orang tua, kerabat atau teman yang menyarankan Anda memberikan susu formula dengan alasan tidak tega pada bayi. Beri pengertian bahwa sejak awal Anda memang niat memberikan ASI Eksklusif karena HANYA ASI YANG TERBAIK UNTUK BAYI.

5. Buang jauh-jauh rasa stress karena ASI belum keluar, minta dukungan suami, dokter dan suster. Stress justru membuat ASI tidak keluar. Jika perlu, pelajari cara relaksasi untuk memperlancar ASI.

6. Jika diperlukan, konsumsi obat-obatan seperti Molloco B12. Yang paling penting adalah menjaga asupan makanan Anda dengan menu 4 sehat 5 sempurna.


link | posted by Nina at 8:54 PM |


0 Comments:

Want to Post a Comment?

powered by Blogger | designed by mela