dedicated to support breastfeeding - asiforbaby@yahoogroups.com blog ini bukan merupakan blog resmi milist asiforbaby, blog ini disusun dan diupdate oleh salah satu moderator asiforbaby

Tuesday, January 22, 2008

weaning with love

Dear Moms...
minjem istilahnya Mbak Wenta.. (nyontek.com :D) saya mau sharing tentang pengalaman saya weaning with love alias menyapih..

Lulus Asi 2 tahun
Alhamdulillah berkat dukungan banyak pihak dan rekan2 di milist asiforbaby dan AIMI akhirnya syifa bisa lulus ASI 2 tahun...
Sebagai ibu bekerja, seperti halnya ibu lainnya, kekhawatiran utama adalah 'cukupkah stok asi saya?'
Awalnya niat utama asi eksklusif aja cukup 6 bulan, alhamdulillah sampai hampir 1,5 tahun, syifa selain diberikan makanan padat susunya adalah ASI. kadang-kadang dikasih susu UHT dan formula juga. Namun karena faktor alergi besar, jadi kami berhati-hati sekali dalam pemberian susu untuk syifa.
Saya pernah 10 hari pergi meninggalkan syifa waktu syifa umur 1 tahun.. stok asi masih ada, tapi bagaimana saya mempertahankan agar setelah pulang asi masih tetap ada? jawabannya cuma meres asi secar konsisten.. di kamar mandi pesawat sampai pramugari
qantas bingung saya bolak balik mulu, di rest area, di mall, di musium.. wah.. everywhere..
Setelah 1,5 tahun karena saya mutasi ke cilegon dan kepadatan kerja yang luar biasa akhirnya saya berhenti mompa asi dan hanya memberikan asi di waktu malam dan weekend.
Perjalanan untuk 'mempertahankan' kuantitas asi dan konsistensi untuk terus memerah emang gak gampang, seringkali saya harus makan dopping seperti kacang ijo tiap hari, kadang-kadang minum molocco dan dopping makanan lainnya yang bisa memperlancar asi... Tapi Alhamdulillah.. all the 'hard' work, waking up at night to pump, sneaking from meeting to pump, the unimaginable places that I used to pump... heheheh... all of those work had been paid off...
Alhamdulillah tanggal 19 kemarin syifa berusia 2 tahun dan proses menyapihnya berjalan lancar..

Weaning with love
1. Sepakat dengan Suami dan Suster
2. 'Sosialisasi' ke Syifa
3. Berdoa
4. Konsisten
1. Sepakat dengan suami dan suster
Sebulan menuju 2 tahun syifa saya dan suami berdiskusi mengenai kira-kira waktu dan cara yang paling tepat untuk menyapih. Akhirnya kami setuju untuk dilakukan secara bertahap. Biasaya kalau di mobil kalau mau tidur syifa nenen, nah, saya mulai kurangi dari ini dulu. Trus mendekati 1 minggu ulang tahun syifa sepakat sama suami mau mulai kapan, karena berarti harus ekstra begadang, dan berhubung jadwal kerja suami saya shift, jadi mau gak mau ada hari2 dimana saya harus ngadepin syifa sendiri.. Dan saya sangat menghindari kalau syifa ngambek karena tidak dikasih nenen larinya harus ke papanya jangan ke suster... Biar syifa tau bahwa tempat mengadunya adalah kedua orang tuanya..
Dan sepakat dengan suster agar siang2 syifa tidak diberikan susu pake botol, jadi harus pake gelas atau sendok. Ini mengurangi kebiasaan tidur sambil menghisap sesuatu..
2. 'Sosialisasi' ke Syifa
Nah.. nyontek idenya Nia nih.. dari mulai 2 minggu sebelum ultahnya, saya sudah sering bilang ke syifa bahwa umurnya mau 2 tahun dan 2 tahun tanda anak sudah mulai besar dan anak sudah besar berarti sudah tidak nenen. Ide ini terus menerus saya sampaikan ke syifa. Sampai muncul asosiasi setiap saya sebutkan anak besar berarti tidak nenen.
3. Berdoa
The most important to do.... Saya berdoa banget kepada Allah agar diberikan kemudahan dalam proses penyapihan. Mengingat beban kerja di kantor saya dan suami yang berat, rasanya kalo ditambah tiap malem harus ngadepin syifa ngamuk akan sangat berat... berdoaaa terus..... menjelang 'D' Day :D
4. Konsisten
Pada malam saya mulai menyapih, agak tidak tega juga melarangnya untuk tidak nenen.. tapi suami saya ngingetin.. trus daripada nenen saya tawarkan saja untuk minum air putih atau susu atau roti. akhirnya anak saya mau (alhamdulillah gak pake rewel atau nangis). Dan saat terbangun malam (biasanya bangun nenen 2-3 kali) saya tawarkan saja mau air putih.. alhamdulillah sudah berjalan 1 minggu lancar... dan kalaupun terbangun paling minta air putih dan langsung tidur lagi..

Mungkin begitu pengalaman saya.. alhamdulillah.. saya sangat bersyukur kepada Allah dan berterima kasih kepada rekan-rekan saya yang sudah sangat supportif dan semoga moms yang lagi menyusui di milist asiforbaby dan dimanapun bisa mendapatkan kemudahan-kemudahan.. amin..


link | posted by Nina at 9:39 PM |


4 Comments:

Blogger BundaNasywa commented at 6:36 AM~  

Ninoooot..

What an inspiring storyyy..hiks, terharu dyeeh!
Terus terang ibu satu ini tempat gw nyontek dan berkeluh kesah masalah per-asi-an ;p Gak heran makanya di ktrnya jadi ibu konselor, hehehe ;p
Mulai dari panik asi cuma dikit, stres mo mulai kerja sampe panik gara2 mati lampu di rumah, pokoke smua lah! Sampe suami gw heran not kerjaan gw nelponin loe muluuuu waktu itu, hehehe..
Memang salah satu yg paling membahagiakan menjadi ibu itu adalah ketika menyusui..rasanya gak ada yg duanya ketika melihat anak ketawa/tersenyum ketika nyusuin yah, not..Subhanallah!
Cerita loe bikin gw smangat buat lanjut asi sampai titik penghabisan ;p
Jalan masih panjang & pastinya konsultasi akan teteeup jalan yaw bu, hehehe..

Thanks ya not buat supportnya slama ini..mudah2an nasywa bisa lulus asi ekslusif 6 bulan ini..masih 24 hari lagi menjelang kelulusan!! Doain yaa..

So, kapan syifa dapet adek??hihihi ;p

-Ririn-

Blogger Fabian Yafa commented at 9:40 AM~  

Wah,
hebat sekali bisa menyusui selama itu. Salam kenal...anak saya Fabian, juga mendapat asi eksklusif selama 6 bulan, dan sampai sekarang masih minum asi saja (11 bulan). Nah, sekarang saya sedang bingung, karena kebanyakan teman saya berhenti menyusui ketika anak berusia 1 tahun.. saya sekarang mulai berpikir apakah memang harus mulai menyapih? karena Fabian sudah mulai tidak mau menyusu secara langsung, kecuali sedang mengantuk. Belum lagi giginya yang tajam sering kali melukai puting saya.. selain itu, perahan asi saya di kantor pun mulai berkurang.. jadi bagaimana sebaiknnya ya?

Blogger Vie commented at 10:48 PM~  

wah.. top nih...
anakku juga sebentar lagi berusia 2 tahun... saatnya weaning with love...

nyontek ya...

thx untuk inspirasinya..

salam,

selvie

Blogger Ree commented at 1:38 AM~  

Huaaahhhhhh, kayaknya naomi gak bisa deh kayak syifa... Aku iri niiyyy... Naomi udah gak pure asi eksklusif, tp aku masih usahain terus.. pokoknya maju terus pantang mundur, kan udah ikut milis asi for baby, jadi ada tempat tanya2, hehehehe....

Thanks yaaa... Salam buat Syifa dan Abu...

Want to Post a Comment?

powered by Blogger | designed by mela